Audit Struktur Jembatan

Jembatan menjadi sarana vital dalam transportasi darat, sehingga harus diberikan perhatian yang cukup intens dan teliti dalam hal perawatan dan pemeliharaannya. Untuk beberapa hal tertentu, jembatan juga perlu mendapatakan pemeriksaan yang detail jika terdapat indikasi kegagalan struktur.

Proses pemeriksaan secara detail dan menyeluruh tersebut adalah bagian kerja dari Audit Struktur Jembatan. Artikel Hesa kali ini akan membahas cara kerja kami dalam melaksanakan audit struktur pada jembatan.

Audit Struktur Jembatan

Audit Struktur Jembatan

Proses audit struktur jembatan dilakukan dengan cara:

Data Collecting

Yaitu mengumpulkan beberapa data yang nantinya akan dibutuhkan untuk evaluasi terhadap struktur jembatan. Data yang dikumpulkan diantaranya adalah:

  • data Perencanaan;
  • data pengawasan saat konstruksi;
  • informasi lalu lintas pada jembatan selama beroperasi;

Testing


Yaitu, melaksanakan pengujian-pengujian lapangan, dengan metode destructive dan nondestructive test:

  • mengamati, mengukur dan mencatat seluruh temuan defect dan deviasi atas gambar rencana
  • melakukan pengujian material on site dengan NDT seperti Hammer test, UPVT, pulse echo, half cell, brinell
  • melakukan verifikasi geometri dan kedalaman pondasi dengan metode Ground Penetrating Radar (GPR);

Investigation


Yaitu melakukan penyelidikan lapangan, baik pada site dan sekitar site dengan mengumpulkan beberapa sampel :

Mengambil sampling material baja dan beton, dengan metode coredrill, untuk diuji di laboratorium material;

Pengambilan sampel beton

Melakukan soil investigasi di lapangan, dari hasil aktivitas ini akan didapatkan soil sampling yang selanjutnya digunakan untuk pengujian tanah di lab;

  • Soil Investigation dengan deep boring, standard penetration test dan undisturbed sampling, dimana sampel tanah akan diuji di lab mekanik

Menjalankan verifikasi integritas dan daya dukung pondasi dengan metode Seismic Shock test;

Analisis

Yaitu menkompilasi seluruh data yang telah didapatkan, untuk pembuatan model struktur dan pembebanan yang kemudian akan dibuat simulasi dengan menggunakan perangkat lunak.

Memverifikasi model dengan membandingkan hasil simulasi dengan kondisi aktual

Conclusion

Dari hasil pengujian, penyelidikan dan analisis yang telah dilakukan maka akan didapatkan laporan tentang:

  1. Faktor yang menentukan penyebab utama kegagalan struktur jembatan;
  2. Menentukan potensi lain yang dapat menyebabkan kegagalan jembatan’
  3. Membuat rekomendasi perbaikan atau perkuatan atau penggantian jembatan.

 

PT Hesa Laras Cemerlang

Komplek Rukan Mutiara Faza RB 1
Jl. Condet Raya No. 27,  Pasar Rebo, Jakarta Timur, Indonesia
Email: kontak@hesa.co.id
Telp: (021) 8404531
Whatsapp Bussines : 0813 828 271 82 or click this Link : Whatsapp

Atau tinggalkan pesan dibawah ini:

Tinggalkan Pesan

[contact-form-7 id=”757″ title=”Contact form 1″]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.