Analisis Geoteknik

Analisis Geoteknik dilakukan untuk dapat mengetahui stabilitas dan daya dukung tanah dalam menerima beban struktur diatasnya, termasuk di dalamnya mengidentifikasi perilaku dan sifat teknis tanah sebelum pembangunan juga memprediksi perubahan perilaku dan sifat teknis tanah setelah pembangunan.

Setiap kegiatan pembangunan yang dilakukan di atas permukaan tanah seperti pekerjaan galian, timbunan, saluran, pembangunan gedung, jembatan, terowongan, dermaga, bendung, bendungan, tanggul, penyedotan air tanah, atau pembangunan lainnya akan menimbulkan reaksi dari tanah tempat bangunan-bangunan tersebut ditempatkan.

Kegiatan pembangunan juga akan mengakibatkan perubahan pada lingkungan sekitarnya dan perubahan kondisi geologi teknik yang akhirnya akan berpengaruh pada perilaku teknis tanah. Selama kegiatan pembangunan dan setelah bangunan berdiri, akan timbul perubahan pada lingkungan termasuk pada tanah.

Untuk melaksanakan analisa geoteknik, selain wajib didukung penguasaan dalam hal ilmu mekanika teknik, mekanika tanah dan pengalaman juga perlu didukung instrumen pendukung, yaitu: piranti lunak, software. Sebagai alat bantu guna melakukan analisis geoteknik dan bahkan bisa disebut sebagai hal penting untuk mempurmudah dan meningkatkan ketelitian. Untuk itu kami menggunakan software berlicence Midas Soil Work.

Analisis Geoteknik
Gambar Superstructure dan Substructure

Hampir setiap bangunan teknik sipil terdiri dari bagian bangunan di atas tanah (superstructure), bagian bangunan di bawah permukaan tanah (substructure) dan pondasi. Beban dari superstructure disalurkan ke substructure, selanjutnya substructure akan meneruskan seluruh beban bangunan ke tanah dan pondasi.

Untuk menyiapkan desain pondasi suatu bangunan, setelah mengetahui besar beban yang akan disalurkan ke substructure dan pondasi di bawahnya, selanjutnya harus diidentifikasi sifat tanah tempat dimana substructure dan pondasi akan ditempatkan, sehingga interaksi antara jenis pondasi yang dipilih dengan tanah benar-benar mampu dan memenuhi aspek stabilitas dalam menahan beban bangunan di atasnya tanpa terjadinya diferential pada sistem strukturnya.

Informasi mengenai sifat tanah bangunan dapat diperoleh dari hasil investigasi geoteknik. Sumber-sumber data dan informasi geologi, historis dan topografi yang penting antara lain adalah: investigasi geoteknik masa lampau, peta, laporan dan publikasi dari Direktorat Geologi, peta zona daerah rawan banjir dari institusi yang terkait, data geologi, data gempa, peta bahaya gempa, peta patahan, foto udara (USGS, SCS, Earth Resource Observation System), pemetaan jarak jauh (LANDSAT, Skylab, NASA), dll.

Untuk mendukung perencanaan, diperlukan data sifat-sifat tanah dari permukaan sampai kedalaman tertentu, yang dapat diperoleh melalui pengeboran, SPT, sondir, pembuatan sumuran dan paritan uji. Jumlah, jarak, lokasi, dan kedalaman pengeboran dan pengujian lainnya bergantung pada beberapa faktor tipe bangunan, formasi tanah dan batuan, perubahan stratifikasi yang diketahui, dan beban-beban pondasi.

Penyelidikan Tanah di PT Cabot Cilegon
Photo dokumentasi HESA, pengeboran, SPT dan UDS, PT. Cabot Indonesia, Cilegon

Dalam desain dan konstruksi pondasi serta pekerjaan tanah, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sifat fisik dan teknik tanah, seperti kepadatan, permeabilitas, kekuatan geser, kompresibilitas, dan interaksi butiran tanah dengan air, yang mana parameter-parameter tersebut diperoleh dari hasil penyelidikan lapangan maupun penyelidikan laboratorium Mekanika Tanah.

Dari parameter geoteknik yang diperoleh, selanjutnya mengacu pada SNI Geoteknik 8640:2017, Persyaratan Perancangan Geoteknik, dilakukan analisis dan perancangan geoteknik sesuai dengan kasus yang dihadapi.

MIDAS SoilWorks membantu memberikan solusi untuk masalah geoteknik-struktural terkait dengan desain praktis Terowongan, Lereng, Lereng Batu dengan Analisis Stereo-Grafis, Tanah Lunak, Pondasi, Penggalian, Rembesan, dan analisis dinamis. Namun yang perlu diingat software sebenarnya hanyalah sebagai alat bantu untuk menghasilkan desain yang rasional dan hasil kerja berkualitas tinggi tetap harus didukung oleh geotechnical engineer atau structure engineer yang tepat dalam melakukan pemodelan dan input data.

Analisis Geoteknik Midas Soilworks
Gambar MIDAS SoilWorks sebagai salah satu alat bantu dalam analisis geoteknik

Kelebihan dari MIDAS SoilWorks adalah menyediakan konsep pemodelan, analisis, kompilasi dan presentasi hasil yang inovatif. Selain itu membantu memeriksa kesalahan desain sehingga meminimalisir resiko kegagalan konstruksi.

Untuk Kebutuhan Survey dan Analisa Geoteknik, anda bisa menghubungi kami, melalui :

PT Hesa Laras Cemerlang

Komplek Rukan Mutiara Faza RB 1
Jl. Condet Raya No. 27,  Pasar Rebo, Jakarta Timur, Indonesia
Email: kontak@hesa.co.id
Telp: (021) 8404531
Whatsapp Bussines : 0813 828 271 82 or click this Link : Whatsapp

Atau tinggalkan pesan dibawah ini:

Tinggalkan Pesan

[recaptcha]