Ultrasonic Pulse Velocity Test UPVT

Ultrasonic Pulse Velocity Test, UPVT adalah suatu uji non destructive untuk mengidentifikasi mutu integritas beton dengan pendekatan rambatan gelombang ultrasonic pada beton.

Ultrasonic Pulse Velocity Test UPVT di Bank SulTeng - Palu

UPVT bekerja berdasarkan pengukuran waktu tempuh gelombang ultrasonik yang menjalar dalam struktur beton.

Gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter transducer yang ditempatkan dipermukaan beton melalui material beton menuju receiver transducer dan waktu tempuh gelombang tersebut diukur oleh Read-Out unit PUNDIT Portable Unit Non Destructive Indicator Tester dalam m detik.

Kedua transducer tersebut dapat ditempatkan secara direct, semi direct atau indirect. Karena jarak antara kedua transducer ini telah diketahui, maka kecepatan gelombang ultrasonik dalam material beton dapat dihitung, yaitu tebal beton dibagi dengan waktu tempuh.

Karena kecepatan rambat gelombang adalah merupakan fungsi dari kepadatan material, maka dengan diketahuinya cepat rambat gelombang ultrasonik di dalam beton, kecepatan tersebut dapat dikorelasikan ke nilai kepadatan beton, yang selanjutnya dikorelasikan lagi ke mutu beton, berdasarkan grafik empiris hubungan kecepatan rambat gelombang dengan mutu beton.

Selain pengukuran mutu beton, UPVT dapat juga digunakan untuk mengukur kedalaman retak dan keberadaan honeycomb pada beton.

Peralatan UPVT

Peralatan yang digunakan untuk UPV Test terdiri dari :

  • Satu buah Read-out Unit PUNDIT (Portable Unit Non Destructive Indicator Tester).
  • Dua buah Transducer 54 Hz (masing-masing sebagai transmitter dan receiver).
  • Satu buah Calibration Bar serta kabel-kabel dan connector

Alat untuk melakukan UPVT seperti pada gambar berikut:

http://hesa.co.id//images/blog/UPVT/Uji%20Mutu%20Dan%20Integritas%20Beton%20Dengan%20Ultrasonic%20Pulse%20Velocity%20Test.jpg

Metode Pengujian UPVT

Dalam pengujian material  beton menggunakan UPV Test, gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter transducer yang ditempatkan dipermukaan beton melalui material beton menuju receiver transducer dan waktu tempuh gelombang tersebut diukur oleh Read-Out unit PUNDIT (Portable Unit Non Destructive Indicator Tester) dalam micro detik (msec).

Ultrasonic Pulse Velocity Test dilaksanakan berdasarkan standar pengujian BS 1881-203; ASTM C597. Pengukuran dapat dilakukan dengan beberapa metode berikut:

  • Direct Method yaitu transmitter dan receiver berada pada dua permukaan yang paralel.
  • Semi-direct Method, yaitu transmitter dan receiver berada pada dua permukaan yang saling tegak lurus.
  • Indirect Method dimana kedua transducer berada pada permukaan yang sama.

Seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

http://hesa.co.id//images/blog/UPVT/Uji%20Mutu%20Dan%20Integritas%20Beton%20Dengan%20Ultrasonic%20Pulse%20Velocity%20Test%201.jpg

Pengujian identifikasi kuat tekan beton dengan Ultrasonic Pulse Velocity Test dilakukan dengan mengukur kecepatan gelombang ultrasonik di dalam beton yang dihitung dengan rumus: V=L/T

dimana L adalah jarak antara transmitter dan receiver dan T adalah waktu yang ditempuh oleh gelombang di dalam beton. Karena kedua parameter ini telah diukur maka kecepatan gelombang dapat diketahui. Kuat tekan beton dapat dihitung dengan menggunakan kurva hubungan antara kecepatan gelombang dan mutu beton seperti pada gambar berikut:

http://hesa.co.id//images/blog/UPVT/Uji%20Mutu%20Dan%20Integritas%20Beton%20Dengan%20Ultrasonic%20Pulse%20Velocity%20Test%202.jpg

Grafik diatas merupakan hubungan empirik antara velocity hasil UPVT dengan kuat tekan beton hasil hasil uji tekan (crushing).

Hubungan pada grafik diatas tidak selalu dapat dianggap sama antara satu bangunan dengan bangunan lain, atau suatu daerah dengan daerah lain, sehingga disarankan dalam penggunaan grafik tersebut tetap harus diverifikasi dengan pengambilan sample beton melalui core drill dan uji tekan, untuk mendapatkan faktor koreksi dari hubungan empirik tersebut.

Ditulis oleh: Ir. Heri Khoeri, MT

Jasa UPVT di Indonesia

Sebagai perusahaan jasa yang bergerak dalam pengujian tanpa rusak, Nondestructive Test /NDT, kami sudah dipercaya oleh ratusan instansi, baik pemerintah maupun swasta untuk melakukan Uji Mutu Dan Integritas Beton Ultrasonic Pulse Velocity Test di berbagai site, baik itu gedung, jembatan, Dermaga, Silo  dan banyak bangunan lainnya di Indonesia. Berikut pengalaman Hesa dalam Assesment Struktur, termasuk didalamnya  UPVTest, di berbagai tempat:

Harga Jasa UPVT di Indonesia

Salah satu faktor yang menentukan harga jasa UPV Test adalah jumlah titik uji yang akan diambil datanya sebagai sampel pengujian. Sedangkan penentuan tentang banyaknya jumlah titik uji pada suatu lokasi/obyek pengujian disesuaikan dengan keperluan dan tujuan pengujian; kasus per kasus kejadian.
Jika pengujian ditujukan untuk keperluan validasi atau pembuatan grafik hubungan nilai velocity dengan kuat tekan, BS-4408 (Part V – 1974) mensyaratkan nilai velocity dikorelasikan dengan 20 hasil uji kuat tekan sample beton, atau dapat juga merefer ke ASTM C-597.

Pada prinsipnya, semakin banyak sample yang diambil dalam pengujian, maka hasil analisis akan semakin mendekati kondisi sebenarnya. Jika memungkinkan diambil semua akan lebih baik.
Misalnya pengambilan sampel pada suatu gedung, guna mendapatkan informasi mutu beton dari gedung tersebut: satu elemen struktur diambil 3 (tiga) titik misalnya, tapi kalau tidak memungkinkan, biasanya diambil masing-masing 3 untuk kolom eks, 3 kolom int, 3 balok arah x, 3 balok arah y, 3 balok anak (jika ada), 3 pelat, pada masing-masing lantainya

Informasi harga jasa UPV Test yang lebih detail, silahkan langsung anda konsultasikan ke kami.  Untuk kebutuhan segera, bisa menghubungi Call Centre Hesa via Whatsapp, (silahkan klik logo Whatsapp di bawah ini).

Solusi kebutuhan pengujian mutu beton dan pengujian lainnya dengan metode UPVT,  silahkan hubungi:

PT Hesa Laras Cemerlang

Komplek Rukan Mutiara Faza RB 1
Jl. Condet Raya No. 27,  Pasar Rebo, Jakarta Timur, Indonesia
Email: kontak@hesa.co.id
Telp: (021) 8404531
Whatsapp Bussines : 0813 828 271 82

Atau tinggalkan pesan dibawah ini:

Tinggalkan Pesan

[recaptcha]