Uji Kedalaman Daya Dukung dan Integritas Tiang menggunakan Seismic Shock Test

Modified Shock Test atau Seismic Shock Test menggunakan uji seismic dengan ketukan palu sebagai gaya dan tranducer sebagai pengambil (pembaca) data getaran yang terjadi menggunakan aplikasi digital filtering techniques yaitu suatu metode mekanis yang diakui keakuratannya yang dihubungkan terhadap frekuensi yang dihasilkan.

Cara pengujian SST ini memiliki dua aplikasi utama, yaitu :

  • Analisis integritas pile yang sudah tertanam, baik bore pile maupun tiang pancang, sekaligus memprediksi perilaku penurunan tiang akibat beban yang bekerja.
  • Analisis gelombang kejut yang ditimbulkan selama proses pemancangan tiang.

Interpretasi Data

Dengan menggunakan konsep-konsep yang dikembangkan oleh Davis & Dunn, 1974, dapat dihitung dengan perhitungan sebagai berikut:
Kekakuan tiang berbanding lurus dengan kebalikan kemiringan pada bagian awal (inverse slope of the initial part) dari grafik hubungan mechanical admittance dengan frekuensi.

Contoh grafik seperti pada gambar berikut:


Hal ini proporsional dengan kuat tekan tiang yang diperoleh dalam uji pembebanan (dengan beban mati) pada tiang yang digambarkan dalam grafik displacement (lendutan) dan beban seperti pada gambar di bawah ini:

Namun perlu dicatat bahwa hal ini hanya mengindikasikan kinerja tiang ataupun interaksi tanah dan struktur tiang (soil – pile structure interaction) pada kondisi elastis saja dan bukan mengindikasikan kapasitas ultimate tiang.
Contoh pembacaan seismic trace seperti pada gambar berikut:


Panjang tiang dan integritas tiang dihitung dengan rumus:

Setelah kedalaman tiang dapat dihitung, maka daya dukung tiang dapat diperkirakan dari grafik sebelumnya.

Dokumentasi Seismic Shock Test Modified Shock Test Gedung BII KC Roxy, DKI Jakarta, dok. HESA, 2014):

uji kedalaman daya dukung dan integritas tiang seismic shock test 5

Baca juga artikel kami lainnya tentang bagaimana melakukan metode dan teknik dalam pengujian kekuatan beton dengan Schmidt Hammer Test : Uji Kekuatan Beton dengan Hammer Test

Dokumentasi Seismic Shock Test/ Modified Shock Test pada jetty/ dermaga di Dermaga P. Sebuku, Kalimantan Selatan, dok. HESA, 2014

Ditulis oleh: Ir. Heri Khooeri, MT

Informasi lebih lanjut tentang bagaimana Uji Kedalaman Daya Dukung Dan Integritas Tiang Seismic Shock Test, silahkan hubungi

PT Hesa Laras Cemerlang

Komplek Rukan Mutiara Faza RB 1
Jl. Condet Raya No. 27,  Pasar Rebo, Jakarta Timur, Indonesia
Email: kontak@hesa.co.id
Telp: (021) 8404531

Atau tinggalkan pesan dibawah ini:

Tinggalkan Pesan